Join Us With more +200.000 members

Lowongan Kerja

Wednesday, May 23, 2012

Penerimaan CPNS 2012 Dimata KPK


Penerimaan CPNS 2012
Dimata KPK

Rekrut CPNS 2012

Setelah sebelumnya Penerimaan CPNS disyarankan dipantau KPK, sekarang penilaian disampaikan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas, di Jakarta Selasa (22/5) kemarin. Menurut dia Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) saat ini masih belum bersih, praktek nepotisme dinilai masih kental apalagi di daerah-daerah.

Busyro menilai penerimaan CPNS belum berlangsung transparan. Ia menjelaskan, masih banyak praktik percaloan maupun CPNS yang dititipkan oleh pejabat dan perkoncoan. "Mental percaloan kotor tersebut sudah merata" ujarnya.

Wakil ketua KPK ini kembali mengingatkan pemerintah utuk mencari formula yang lebih baik, dimana nantinya mampu menciptakan sistem rekrutmen yang transparan. "Semoga pemerintah sudah menyiapkan sistem yang prudent (hati-hati) dan transparan sehingga bisa menutup lubang manipulasi yang berlangsung selama ini" harapnya.

Sebagai Informasi, pemerintah membuka penerimaan CPNS reguler atau melalui jalur umum sebanyak 60 ribu orang, berdasarkan pengajuan dari daerah yang didasari analisa jabatan. Penerimaan CPNS tersebut dibuka untuk seluruh departemen dan pemerintah daerah hingga tingkat kabupaten dan kota.

Namun, rencana pemerintah itu dinilai menyalahi aturan, berlawanan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri sebelumnya yaitu Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), serta Menteri Keuangan (Menkeu) perihal moratorium penerimaan CPNS hinga akhir 2012.

Sedangkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebelumnya membantah jika hal tersebut melanggar aturan, menurut pihak Kemendagri penerimaan sebanyak 60 ribu calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada masa moratorium tidak menyalahi aturan. Itu didasari adanya pengecualian selama masa moratorium CPNS berlaku.

Sebagai Acuan Soal CPNS 2012 silakan anda pelajari Paket LKIT 2012

Penerimaan CPNS tahun ini rencananya akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang dengan kuota sekitar 134 ribu orang dimana jumlah tersebut terdiri dari jumlah penerimaan reguler dan honorer

By Nela Triagustin with

    • Popular
    • Categories
    • Archives