Join Us With more +200.000 members

Lowongan Kerja

Wednesday, June 27, 2012

Penerimaan CPNS 2012 Tidak ada Pembatasan Daerah


Rekrutmen CPNS 2012
Pelamar Bisa Daftar Di Seluruh Wilayah Indonesia

Lowongan CPNS 2012

Pemerintah menyatakan bahwa penerimaan CPNS tahun 2012 warga negara Indonesia berhak mengikuti seleksi CPNS di mana dia tinggal. Pemerintah menolak permintaan sejumlah daerah untuk membatasi pelamar dari luar wilayahnya dalam penerimaan CPNS reguler.

"Jadi tidak ada pembatasan dan pembedaan putra daerah serta bukan putra daerah. Meski KTP pelamarnya dari Medan misalnya, terus saat seleksi CPNS dibuka dia berada di Bangka, yang bersangkutan bisa ikut seleksinya. Yang tidak boleh kalau, dia melamar di dua lokasi," terang Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat di Jakarta, Selasa (26/6).

Dia mengakui, banyak pejabat daerah yang datang ke BKN meminta agar pengadaan CPNS dibatasi khusus putra daerah saja. Contohnya Kabupaten Bangka Barat. Daerah pemekaran baru ini kekurangan pegawai. Sebab dalam beberapa tahun lalu pengangkatan CPNS yang lulus banyak berasal dari daerah luar kabupaten. Ujung-ujungnya baru bekerja dua tahun sudah meminta mutasi ke daerah asalnya.

"Nah alasan-alasan ini yang membuat daerah keberatan pelamar dari daerah lain ikut dalam seleksi CPNS di wilayahnya. Tapi kan tidak bisa kita batasi karena sama saja melanggar hak azasi manusia. Setiap pelamar dapat diterima dari masyarakat seluruh Indonesia dengan mengikuti aturan dan mekanisme yang ada," terangnya.

Selain itu, tambah Tumpak, pegawai yang diangkat harus terbaik dan dapat membangun daerah. Berkaitan dengan mutasi Pejabat Pembina Kepegawaian/DPRD dapat membuat Perda agar bisa membatasi mutasi pegawai sehingga CPNS yang sudah lulus dapat dipertahankan, dan harus komitmen dengan Perda tersebut.

Penerimaan CPNS yang rencananya pendaftarannya akan dibuka pada bulan juli mendatang mendapatkan apresiasi yang hangat dari para calon pelamar, dimana pembukaan CPNS tahun ini memberikan angin segar bagi banyaknya peminat calon abdi negara.

Tahun ini para peminat CPNS mempersiapkan segala sesuatunya lebih matang dari biasanya, seperti yang dikatakan oleh seorang calon pelamar CPNS Kementerian Keuangan "Yunita" yang merupakan lulusan S1 akuntansi sebuah universitas negeri ternama di Indonesia. "Saya tahun ini harus menjadi salah satu yang terbaik dalam penerimaan CPNS di Kementerian Keuangan, karena selain banyaknya saingan, quota yang diperebutkan juga semakin sedikit" katanya. Dia juga menambahkan bahwa tahun ini segala bahan pembelajaran terbaik sudah mulai dipelajari termasuk mempelajari semua bahan dalam Paket LKIT 2012, seperti yang dianjurkan oleh temannya yang telah lulus pada penerimaan CPNS 2010 dengan Paket LKIT.

Semoga anda Sukses dan menjadi yang terbaik...

By Nela Triagustin with

    • Popular
    • Categories
    • Archives